Bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki kompor gas yang sulit di nyalakan?


Permasalah yang sering kali terjadi pada kompor gas LPG di rumah adalah pematik kompor yang kotor, dan saluran gas yang tersumbat akibat endapan kotoran yang cukup lama sehingga kompor gas tersebut sulit di nyalakan.

Walaupun saat ini harga 1 unit kompor gas LPG itu tidaklah terlalu mahal, namun disarankan agar anda jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk melakukan tindakan Lembiru ( Lempar Beli Baru ) alias membuang kompor rusak tersebut.

Jika anda mengikuti langkah - langkah yang saya uraikan berikut ini tentang Bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki kompor gas yang sulit di nyalakan? maka anda tak perlu membuang kompor gas lama anda, sebaiknya uang untuk membeli kompor gas baru anda pergunakan  untuk keperluan anda yang lain yang mungkin saja lebih mendesak.

Sebelum anda mencoba belajar memperbaiki kompor itu sendiri, mari kita simak terlebih dahulu tutorial berikut ini tentang bagaimana langkah- langkah membongkar serta membersihkan kompor gas LPG anda.


Ternyata ada beberapa masalah yang terjadi pada kompor gas di rumah saya dan tak jarang anda juga mengalami hal yang sama. Berikut ini beberapa masalah kerusakan pada kompor gas yang sering terjadi serta solusi bagaimana memperbaiki kompor gas yang rusak tersebut, mari kita bahas disini:

Bagaimana cara mengatasi kompor gas LPG yang tidak keluar apinya?

Kompor gas tak keluar bunga apinya saat kita hidupkan di karenakan beberapa hal ,di antaranya yang paling sering adalah:
  1. Lepasnya kabel pemantik: beberapa produsen kompor gas menempatkan kabel ini hanya menempel saja pada body dalam arti tidak di buatkan tempat lalu kabel tersebut di masukkan ketempat tersebut dan dampaknya saat kompor gas di pindah atau digeser terkadang lepas .Solusinya, masukkan kembali kabel pematik pada tempatnya.
  2. Ujung pematik yang kotor: Cara kerja pematik ini sama seperti busi motor jadi saat ujung pematiknya kotor maka bunga api pun tak keluar. Solusinya, amplas ujungnya.
  3. Terjadinya aus pada pematik: Hal ini mengakibatkan pematik tak mampu mengeluarkan bunga api lagi. Solusinya ganti, harga pematik kompor gas atau mesinnya dipasaran yang biasa berkisar 15.000 sampai 20.000 rupiah.
Bagaimana cara Memperbaiki kompor gas tidak mau menyala apinya?

Untuk memeriksa kompor gas yang tidak bisa menyala kita harus mencari apa penyebabnya, oleh sebab itu silahkan ikuti langkah di bawah ini untuk menemukan kerusakan kompor gas yang tak mau menyala tadi :
  1. Periksalah apakah pematik muncul bunga api, jika tidak keluar ikuti langkah pertama untuk menyelesaikanya.
  2. Jika memang pematik masih mengeluarkan bunga api periksa jarak celah antara ujung pematik dan jalur gas ,biasanya berubahnya celah antara pematik dan jalur gas mengakibatkan tak terjadinya pembakaran. Solusinya, dekatkan jaraknya antara pematik kompor gas dan jalur gasnya.
  3. Periksa apakah gas keluar dari selangnya, jika tidak maka lakukan pemeriksaan, mulai dari seal tabung gasnya atau coba ganti seal tabung gasnya terdahulu. Jika setelah pergantian gas keluar berarti penyebabnya seal menutup lubang jalur gasnya.
  4. Jika hal diatas dilakukan tetap tidak mau menyala, periksa regulator pada tungkunya karena terkadang ada kotoran yang menyumbat sehingga gas tak mau keluar.
Untuk cara membukanya silahkan ikuti langkahnya sebagai berikut ini:

Cara membuka regulator di kompor gas
  •  buka pengunci regulator kompor gas dengan drei men atau pisau kecil.
  • Buka tutup pengungkit regulator kompor gasnya.
  • Setelah terbuka buka karet hitam di bawah ini lalu bersihkan lubangnya.
Dan jika cara tersebut masih juga tak menyelesaikan masalah maka solusinya adalah ganti regulator kompor gasnya. Jika tidak bisa menyala juga, silahkan anda Lem Biru ( Lempar dan Beli Baru ) hehe.

Demikian tadi pemahaman tentang Bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki kompor gas yang sulit di nyalakan? semoga bisa di pahami, terimakasih


2 Komentar untuk "Bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki kompor gas yang sulit di nyalakan?"

  1. Iya nih, kompor di rumah nyalainnya harus pake korek. Repot jadinya.
    Rinaindrayani.blogspot.co.id

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel