Cara mudah dan praktis merawat kompor gas elpiji (LPG)


Kompor kita — Bagaimana cara merawat kompor gas elpiji (LPG) dengan praktis? Hampir semua rumah tangga terutama di kota-kota besar, kompor gas menjadi pilihan utama dalam memasak. Perlahan kompor minyak tanah telah ditinggalkan karena komor gas dinilai memiliki kelebihan.

Kompor gas sering digunakan karena jauh lebih praktis dan bersih dalam pemakaiannya dibandingkan kompor minyak tanah.

Namun demikian, kompor gas yang memiliki banyak kelebihan ini pun harus mendapat perawatan dan perbaikan yang optimal ketika mengalami kerusakan. Berikut ini, beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat dan memperbaiki kompor gas.

  • Bersihkan Tungku Kompor Gas 


Tungku kompor gas merupakan bagian paling penting dari kompor gas. Hal ini sangat pengaruh terhadap kualitas munculnya api biar tidak berwarna merah tapi kalau tips ini kita lakukan maka nyala apinya berwarna biru, maka dari itu bagian tungku kompor gas harus dibersihkan, dengan cara melepaskan penutup besinya, kemudian lap dengan kain yang lembap hingga bersih. Apabila kompor terbuat dari stainless steel, maka Anda dapat membersihkan tungku dengan menggunakan lap kering agar tidak berkarat.  Bersihkanlah tungku kompor gas, sebelum kotoran tersebut mengeras dan membuat api tidak lagi biru melainkan menjadi merah.

  • Perhatikan Selang dan Regulator Gas

Seringkali kebakaran atau ledakan disebabkan karena gas yang bocor terperangkap di ruangan dan terakumulasi hingga menyebabkan ledakan. Pada umumnya, kebocoran gas dapat terjadi, karena disebabkan selang gas yang rusak dan regulator pada katup tabung gas tidak terpasang dengan benar. Ciri-ciri ketika terjadi kebocoran gas, yaitu biasanya akan terdengar bunyi mendesis pada regulator gas dan tercium bau gas yang menyengat. Selang dan regulator gas harus diperhatikan, sebab kedua hal tersebut merupakan komponen dari gas yang sangat rentan mengalami kerusakan.

  • Bersihkan Corong Api (Burner)

Corong api atau burner umumnya terbuat dari tembaga atau kuningan, sehingga mudah sekali untuk menghitam dan berkarat. Maka dari itu, corong api harus dibersihkan agar tetap berfungsi dengan baik biar nyala apinya rata dan tidak tersumbat. Untuk melakukan pembersihan corong api, caranya adalah melepaskan kawat pengikat corong api dari kompor, lalu rendam ke dalam larutan asam sitrat yang dibuat dengan melarutkan satu sendok makan asam sitrat yang dicampur dengan satu gelas air panas. Setelah itu, sikat corong api hingga berubah menjadi warna aslinya, kemudian bilas dengan air yang bersih.

  • Lakukan Perawatan Rutin

Setidaknya dalam satu bulan sekali Anda harus melakukan pengecekan terhadap kompor gas, karena hampir setiap hari kompor gas sering di pakai. Jadi jangan pernah lupa untuk merawat dan menjaga kualitas kompor biar tidak mudah rusak dan ramah buat lingkungan di dapur Anda. Kalau masih belum berani untuk melakukan tips yang saya berikan setidaknya Anda bisa untuk menyuruh atau memanggil tukang service yang sudah kenal di daerah rumah Anda.

Itulah beberapa tips yang sangat peraktis dan mudah dipahami. Hal tersebut tidak boleh Anda abaikan, karena kalau kita melakukan pengecekan setidaknya bisa peduli terhadap kompor biar kualitasnya tetap terjaga.

Belum ada Komentar untuk "Cara mudah dan praktis merawat kompor gas elpiji (LPG)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel