Jenis Perawatan Kompor dan Tabung Gas Elpiji (LPG)


Kompor kita — Hampir 90% di kota-kota besar sudah mulai merata memasak menggunakan kompor dan tabung gas elpiji (LPG). Bahkan sebagian besar di masyarakat desa pun mulai meninggalkan penggunaan kompor sumbu dan dengan beralih kepada penggunaan kompor gas.

Supaya kompor gas yang ada di rumah tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama, tentunya diperlukan perawatan secara berkala.

Berikut ini beberapa tips merawat kompor dan tabung gas elpiji (LPG) dengan baik.

Agar kegiatan memasak menjadi aman dan menyenangkan, tentunya peralatan memasak, terutama kompor dan tabung gas harus dalam kondisi baik. Untuk itu, kompor dan tabung gas elpiji (LPG) harus dirawat secara rutin dan teratur.


1. Merawat Kompor Gas Elpiji (LPG)

Jika anda menyukai aktifitas di dapur, pastinya kompor gas elpiji (LPG) bukan hal yang asing buat Anda. Dan Anda akan merasakan kenyamanan memasak kalau kompor gas yang digunakan terlihat bersih dan api menyala dengan rata dan berwarna biru. Untuk mendapatkan kompor gas seperti itu tentu saja perawatan yang teratur menjadi salah satu kuncinya. Berikut ini beberapa jenis perawatan kompor dan tabung gas elpiji (LPG) yang bisa anda lakukan untuk membuat kompor gas tahan lama, tetap prima  dan terjaga kualitasnya :
  • Selang gas harus jauh dari permukaan panas dan tidak dalam posisi tertekuk. Pastikan juga permukaan selang tidak retak-retak karena kondisi tersebut memungkinkan terjadinya kebocoran gas.
  • Bersihkan tungku atau lubang kompor tempat keluarnya api. Tusuk lubang tungku dengan jarum atau sikat untuk membersihkan kotoran yang melekat pada tungku. Karena kotoran ini bisa menyebabkan warna api biru menjadi merah.
  • Cuci bagian kompor yang dilapisi krom denganair sabun hangat. Pastikan lapisan itu betul-betul kering sebelum digunakan kembali.
  • Biasakan untuk segera membersihkan kompor gas dengan lap kering setelah memasak. Bekas makanan yang sudah lama menempel dapat dibersihkan dengan lap basah dan air sabun. Setelah itu bersihkan lagi dengan lap kering.
  • Hilangkan noda minyak yang melekat di kompor gas anda dengan kertas koran bekas, kemudian bersihkan lagi dengan lap kain.
  • Untuk membersihkan tungku, lepas seluruh bagiannya lalu Lap dengan teliti satu persatu. Untuk bagian yang bergerigi sebaiknya menggunakan sikat plastik agar mudah menjangkaunya.
Tips diatas sangat berpengaruh terhadap terjaganya kualitas kompor gas elpiji (LPG) Anda, jadi rawat kompor gas elpiji (LPG) kita dengan baik dan benar. Karena dengan perawatan yang benar akan menghasilkan kompor gas yang bersih, aman dalam pemakaiannya, serta tentunya hemat dalam pemakaian elpiji (LPG).

2. Merawat Tabung Gas

Saat ini kebutuhan akan gas elpiji (LPG) semakin meningkat, di daerah perkotaan khususnya, sudah sangat sulit kita temukan orang memasak dengan menggunakan tungku kayu bakar ataupun kompor minyak tanah. Hampir semuanya menggunakan kompor gas, dan tentunya elpiji merupakan bahan bakar utamanya. Dalam penggunaan kompor gas, faktor keamanan tentunya menjadi perhatian utama kita. Untuk itu pemakaian dan perawatan kompor dan terutama tabung gas elpiji (LPG) sangatlah penting. Berikut ini cara merawat tabung gas elpiji agar tetap bisa digunakan dengan aman dan nyaman :
  • Hindarkan tabung gas dari sinar matahari dan sumber panas lainnya secara langsung.
  • Jangan sekali-kali melempar dan menggelindingkan tabung gas.
  • Simpan tabung gas di tempat yang kering sertahindari tempat lembab dan tempat yang menimbulkankorosi(tempat yang bisa berubah oleh reaksi kimia.
  • Hindarkan selang dari gigitan hewan, sayatan pisau, dan gesekan yang dapat membuat selang bocor.
  • Selang tidak boleh tertindih dan terlipat.
  • Olesi tabung gas dan selang dengan air sabun setiap hari. Selain untuk membersihkan dari sisa kotoran makanan, air sabun juga berfungsi untuk menghindarkan dari gigitan tikus.
  • Setiap satu tahun selang harus di cek karena takut adanya bocor pada selang, alangkah bagusnya kalau selang dibganti yang baru.
3. Penyebab Kebocoran Gas elpiji (LPG)

Sebenarnya tabung elpiji (LPG) tidak akan meledak ketika terjadi kebakaran, apipun juga tidak bisa merambat ke dalam tabung karena tabung elpiji (LPG) sudah didesain dengan sistem pengamanan yang sedemikian rupa sehingga dipastikan aman. Api hanya menyala di lubang di mana gas itu keluar. Ledakan tabung LPG akan terjadi karena adanya kebocoran pada sistem kompor gas, bisa karena selang atau sambungan selang ke kompor gas atau bisa juga karena tidak sempurnanya pemasangan regulator pada tabung gas epliji (LPG). Besar kecilnya ledakan tergantung pada sedikit banyaknya gas yang keluar dan terakumulasi di ruangan. Semakin banyak gas yang terakumulasi maka ledakan yang terjadi akan semakin besar ketika ada penyulutnya, yaitu api. Oleh karena itu, disarankan untuk meletakkan tabung gas elpiji (LPG) di tempat yang terbuka atau dekat dengan jendela atau ventilasi ruangan (dapur). Kasus terbesar ledakan gas LPG berasal dari kebocoran gas, baik melalui sambungan selang atau regulator.

Kebocoran Gas Elpiji (LPG) Dapat Dideteksi Dari :
  • Terciumnya bau gas yang menyengat.
  • Suara desisan dari gas akibat adanya kebocoran.
Penyebab Terjadi Kebocoran Gas elpiji (LPG) Adalah :
  • Karet shield tabung gas aus. Apabila menemui karet shield yang sudah aus, segeralah ganti dengan yang masih dalam kondisi baik.
  • Regulator longgar, sehingga tidak pas atau tidak rapat terpasang padaspinol tabung gas. Segeralah ganti dengan regulator yang baru.
  • Kebocoran instalasi kompor gas. Biasanya terjadi karena pipa kompor gas sudah usang. Jika terjadi hal seperti ini, cara paling aman adalah ganti kompor gas lama dengan yang baru.
Demikian Jenis Perawatan Kompor dan Tabung Gas Elpiji (LPG) yang sudah saya bagikan buat Anda semoga tips ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Perawatan Kompor dan Tabung Gas Elpiji (LPG)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel